-->

Finishing Meni Zinchromate Konstruksi Baja

Dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi baja kita tidak boleh melupakan finishing meni zinchromate atau cat dasar anti karat. Kadang untuk pekerjaan konstruksi baja ada yang hanya mensyaratkan finishing cukup meni zinchromte tetapi kadang ada juga yang ditambah dengan finishing cat top coat.

Meni zinchromate terbuat dari pigmen zinc yang anti korosi dan resin alkyd sehingga dapat melindungi permukaan besi atau baja dari karat. Umumnya produk meni zinchromate tidak tersedia dalam banyak pilihan warna, paling hanya ada beberapa warna standar seperti hijau, merah, coklat, hitam, abu-abu, dan biru tetapi itu juga tergantung dari merek produknya.

Meni Zinchromate

Meni zinchromate dapat diaplikasikan menggunakan kuas, roll, maupun semprot. Jika perlu dapat diencerkan dengan menggunakan thinner 5% sampai 10% dari volume. Selain untuk melapisi anti karat pada material konstruksi baja, zinchromate data digunakan untuk finishing atap seng, pipa-pipa, pagar, dan lain-lain yang terbuat dari bahan metal.

Seperti pekerjaan pengecatan pada umumnya item pekerjaan meni zinchromate diperhitungkan dalam satuan m2, tetapi untuk memudahkan perhitungan volume pekerjaan pada BQ pekerjaan konstruksi baja umumnya pengecatan meni zinchromate diperhitungkan dalam satuan kg menyesuaikan dengan jumlah total volume material konstruksi baja tersebut.

Misalnya konstruksi baja terdiri dari profil WF 3.000 kg dan profil CNP 500 kg, yang total volumenya 3.500 kg maka volume item pengecatan meni zinchromate juga diperhitungkan 3.500 kg karena asumsinya semua material dilapisi meni tersebut.

Nah untuk harga satuan item pekerjaan meni zinchromate ini jika kita mengetahui dalam satuan m2 kita dapat konversi ke satuan kg, demikian pula sebaliknya. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan meggunakan tabel berat baja per m’ untuk mendapatkan beratnya dan menghitung luas permukaan profil baja tersebut. 

Misal kita ambil contoh profil WF 300x150, dari tabel kita dapat beratnya adalah 36,70 kg / m’. Luas permukaan yang akan dicat untuk 1 m’ panjang profil WF 300x150 adalah = 0,3x2+0,15x4 = 1,2 m2 (note: contoh perhitungan kita sederhanakan). Jadi harga untuk pengecatan meni zinchromate profil WF 300x150 seluas 1,2 m2 setara dengan 36,70 kg.

Demikian ulasan mediabangunan.com tentang finishing meni zinchromate untuk pekerjaan konstruksi baja, semoga bermanfaat…! 

Iklan di Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel