-->

Cara Perhitungan Biaya Perkerasan Paving Block

Paving block merupakan salah satu material untuk perkerasan jalan lingkungan, area parkir, area carport, taman, dan lain-lain. Paving block yang umum digunakan adalah ketebalan 6 cm dan 8 cm. Dibandingkan jenis perkerasan yang lain seperti perkerasan aspal dan perkerasan beton, perkerasan paving block merupakan perkerasan yang paling ekonomis.

Jangan lupa simak juga artikel mediabangunan.com sebelumnya yang membahas tentang Paving Block Perkerasan Yang Ekonomis.

Perkerasan Paving Block
Perkerasan Paving Block

Bagaimana Cara Perhitungan Biaya Perkerasan Paving Block? Apa Saja Langkahnya?

Untuk perhitungan biaya nya kita perlu mengetahui apa saja komponen pekerjaan untuk mewujudkan perkerasan paving tersebut antara lain : 
  1. Pemadatan tanah dasar sampai kepadatan tertentu
  2. Turap batu kali penahan tanah (jika area yang dipasang paving ada peninggian elevasi)
  3. Urugan makadam untuk lapisan pondasi sub base
  4. Urugan Sirdam untuk lapisan pondasi base
  5. Urugan Abu batu untuk alas (sand bedding)
  6. Pemasangan paving block
Hitung volume pekerjaan untuk masing-masing komponen item pekerjaan di atas kemudian dikalikan dengan harga satuannya yang didapat dari analisa harga satuan pekerjaan.

Untuk lebih jelasnya kami sampaikan contoh RAB pekerjaan lahan parkir yang menggunakan perkerasan paving block dalam artikel di bawah ini.


Meskipun merupakan salah satu jenis perkerasan yang ekonomis tetapi dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan terutama untuk kepadatan tanah dasar dan lapisan pondasinya. jika tidak maka perkerasan paving tidak akan bertahan lama dan akan cenderung bergelombang.

Iklan di Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel