-->

Tips Membeli Besi Beton Berkualitas Baik

Besi beton merupakan material utama struktur beton bertulang dengan komposisi biaya paling besar, hal ini dapat dilihat pada artikel tentang contoh perhitungan harga beton bertulang yang pernah kami sampaikan.

Besi Beton
Besi Beton
Selain itu besi beton juga sangat menentukan kekuatan struktur beton bertulang, karena itu kita harus memilih produk besi beton yang berkualitas. Berikut ini mediabangunan.com akan menyajikan tips untuk membeli besi beton yang berkualitas, antara lain :
  1. Pilihlah merek-merek yang sudah ternama dan terjamin kualitasnya seperti Besi beton Krakatau Steel (KS), Master steel (MS), dan Cakratunggal Steel (CS). Jika menggunakan merek yang belum terkenal, untuk proyek besar dapat dilakukan pengecekan diameter dan uji tarik untuk menguji kekuatannya, serta meminta sertifikat dari produsen besi beton tersebut.
  2. Pilihlah besi beton yang tidak berkarat / korosi.
  3. Untuk menjamin kekuatan struktur bangunan anda sesuai dengan perencanaan pastikan bahwa besi beton yang dibeli berukuran full diameternya, sesuai dengan ukuran, misalnya besi 10 mm maka kalau diukur dengan jangka sorong ya pas 10 mm, atau kalau ada toleransi juga paling banyak 0,2 mm. Usahakan jangan menggunakan besi dengan toleransi yang tidak masuk akal atau besi banci, misal besi 8 kurus diameter sesungguhnya mungkin hanya 6 mm.
  4. Untuk panjang besi beton standart adalah 12 m, tetapi di pasaran banyak juga beredar besi beton dengan panjang kurang dari 12 m, misalnya 11,5 m, 11,2 m, dan lain-lain. Pastikan besi beton yang kita beli berukuran panjang standart 12 m.
  5. Karena banyaknya faktor yang mempengaruhi harga besi beton seperti mereknya, ukuran diameternya sesuai atau tidak (full atau banci), dan panjangnya standart atau tidak, serta ongkos kirimnya ke lokasi proyek maka dalam membandingkan harga toko atau supplier besi beton kita harus apple to apple, bandingkan harga besi beton dengan merek dan diameter besi beton yang sama agar kita tidak tertipu harga yang murah tetapi dengan kualitas tidak sama.
Demikianlah tips membeli besi beton berkualitas yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat..!

Iklan di Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel