Rabu, 22 Mei 2013

Mengenal Sanitair Dan Fungsinya

Peralatan sanitair merupakan bagian dari pekerjaan instalasi air, tetapi karena bentuk peralatan sanitair juga  memiliki nilai estetika maka kadang dianggap sebagai elemen pekerjaan arsitektur. 

Penting untuk diperhatikan, pemilihan jenis sanitair harus ditentukan pada saat pekerjaan struktur karena akan berpengaruh terhadap sparing pipa air kotor yang akan ditanam di pelat lantai beton, selain itu dimensi dan ukuran instalasinya pun harus dipersiapkan.

Untuk pemasangan sanitair unit yang besar seperti bathtub, closet duduk, urinal, wastafel dilaksanakan setelah pekerjaan pemasangan keramik atau homogenous tile dinding dan lantai, dimana sparing dan instalasinya telah dipersiapkan sebelumnya.


GAMBAR KETERANGAN
Bathtub, berfungsi sebagai tempat mandi atau berendam. Bathtub umumnya dipasang menempel pada sudut dinding dan lantai. Tetapi selain itu ada juga model bathtub yang berdiri di tengah atau free standing.
Closet, berfungsi sebagai tempat buang air besar. Secara garis besar closet terbagi atas closet duduk / monoblok dan closet jongkok.  

Jika menggunakan closet jongkok, mungkin perlu dilengkapi dengan  jetwasher atau kran dinding dan bak air atau ember.

Sedangkan jika menggunakan  closet duduk , mungkin perlu dilengkapi dengan jetwasher dan tempat tisu.
Urinal / Urinoir, berfungsi sebagai  tempat buang air kecil untuk pria. Urinal umumnya menggantung pada dinding. Jika jumlah urinalnya banyak / lebih dari satu biasanya antara urinal satu dengan yang lain dibatasi dengan partisi urinal.
Bidet berfungsi sebagai  tempat buang air kecil untuk wanita. Bidet merupakan peralatan sanitary yang paling jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Wastafel, berfungsi s ebagai tempat mencuci tangan. Secara garis besar terdapat dua macam tipe wastafel yaitu wastafel gantung dan wastafel meja. Wastafel gantung sendiri ada yang tipe gantung saja tetapi ada juga yang dilengkapi dengan pedestal.
Floor drain, sesuai namanya floor drain berfungsi untuk tempat buangan air agar tidak menggenang di toilet maupun teras rumah.
Kran air, berfungsi untuk membuka dan menutup aliran keluarnya air dari pipa. Kran air terdiri dari kran dinding, kran wastafel, kran kitchen zink dengan leher panjang, kran taman (biasa ujungnya dilengkapi dengan tempat selang)
Shower, terdiri dari 2 macam yaitu hand shower dan fix shower head. 

Hand shower bisa digerakkan sedangkan fixed shower head biasanya dipasang di atas kepala dan tidak bisa digerakkan atau dipindahkan.
Robe hook, berfungsi sebagai tempat menggantung baju atau celana di kamar mandi atau toilet.
Towel bar, berfungsi sebagai tempat menggantungkan handuk yang berbentuk batang, biasanya ada di kamar mandi.
Towel ring, berfungsi sebagai tempat menggantungkan handuk kecil, biasanya terletak di samping wastafel.

Artikel Terkait Lainnya