Rabu, 27 Maret 2013

Pengisi Nat Keramik / Tile Grout

Pengisi nat keramik atau sering disebut Tile Grout merupakan salah satu komponen material dalam pekerjaan penutup lantai maupun dinding yang berbahan mosaic, keramik atau homogenous tile.

Pengisi nat keramik berfungsi untuk mengisi celah antar keramik / nat yang dibuat minimal 2 mm dan mempercantik ruangan serta alasan kekuatan yang mencegah terjadinya popping up pada keramik.. 

Pengisi nat keramik berbeda dengan semen  biasa yang memiliki tekstur keras dan getas setelah kering. Pengisi nat keramik yang baik bersifat fleksibel, tidak mudah retak, tidak mudah kotor, anti jamur, dan memiliki banyak pilihan warna. 

Untuk area basah, biasanya diperlukan penggunaan tambahan bonding agent pada pengisi nat keramik yang berfungsi menambah kekuatan dan juga menambah sifat kedap air / waterproofing. Untuk produk tertentu biasanya ada jenis produk pengisi nat standar, pengisi nat keramik untuk area basah, dan pengisi nat keramik yang bersifat heavy duty.

Pengisi nat keramik tersedia dalam kemasan 1 kg. Daya sebar pengisi nat keramik tergantung dari ukuran keramiknya, misalnya tiap 1 kg pengisi nat keramik bisa digunakan untuk mengisi nat seluas 1,9 m2 (jika Keramik 20x20), 2,85 m2 (jika Keramik 30x30), dan 3,85 m2 (jika Keramik 40x40)

Nat keramik bisa rusak karena 2 hal yaitu kesalahan pada saat pengerjaannya (misal adukan terlalu encer sehingga menurunkan mutu nat yang menyebabkan nat mudah retak, menyusut setelah kering) dan karena terkena bahan kimia (terutama pembersih lantai yang mengandung bahan kimia tertentu). Pengisi nat keramik yang rusak sedapat mungkin segera diperbaiki karena akan mempengaruhi estetika ruangan.

Artikel Terkait Lainnya