Jumat, 29 Maret 2013

Lebih Hemat Dengan Dak Bata Keraton

Bata Keraton
Bata Keraton
Bata Keraton atau Ceiling Brick merupakan material inovatif untuk pekerjaan pelat dak lantai. Secara sederhana Bata Keraton adalah material komposit keramik dengan beton.

Keraton ini terbuat dari bahan dasar tanah liat (keramik) yang dicetak dengan cetakan khusus sehingga berbentuk menyerupai kubus dengan rongga-rongga dibagian tengahnya.

Keraton mempunyai rongga menyerupai huruf “V”. Dalam keadaan terpasang, rongga ini seakan-akan menumpu beban yang ada diatasnya. Untuk membuat pelat, bata keraton ini dirangkai dengan campuran semen pasir (beton) dan direkatkan dengan beton. Rongga pada bata keraton juga memberi keuntungan lain karena berfungsi sebagai insulasi panas dan insulasi peredam suara.

Pemasangan Dak Bata Keraton
Pemasangan Dak Bata Keraton

Untuk memperkuat strukturnya, keraton juga diberi besi tulangan yang diletakkan di keempat sisinya dan kemudian dicor dengan beton. Pemberian tulangan dilakukan dengan sistem penulangan searah. Ini karena tulangan hanya dikaitkan dengan dua balok yang berhadapan.

Menurut salah satu produsennya, kekuatan dak Bata Keraton setara dengan cor beton konvensional sesuai PBI 1971 dan SNI 1991. Perbandingan antara Lantai dak bata Keraton dan Lantai Beton Konvensional dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


LANTAI 
BATA KERATON
LANTAI BETON KONVENSIONAL
CARA PELAKSANAANLangsung dipasang,
hanya memerlukan
sedikit perancah
Pekerjaan perancah,
bekisting, pembesian,
cor beton, dan curing
WAKTU PELAKSANAANSekitar 1-2 mingguSekitar 4 minggu
BERATLebih ringan,
180-225 kg/m2
Relatif lebih berat
 yaitu sekitar 250 kg/ m2
JUMLAH TENAGA KERJADapat dikerjakan
oleh 2-4 orang
Lebih dari 5 orang
ESTIMASI HARGA
(Terpasang)
350.000,- s/d
450.000,-/m2
475.000,- s/d
650.000,-/m2

Artikel Terkait Lainnya