Senin, 07 Januari 2013

Komponen Penting Kunci Pintu

Kunci pintu merupakan salah satu komponen pintu dan Jendela yang berperan dalam menjaga keamanan suatu rumah. Oleh sebab itu alangkah baiknya untuk kunci pintu kita menggunakan produk yang bermutu baik, terutama untuk pintu utama dan pintu-pintu lain yang berhubungan dengan bagian luar bangunan. Secara umum kunci pintu terbagi menjadi beberapa bagian besar yaitu :
Lever Handle Plate
Lever Handle & Escutcheon
Pull Handle

Mortise Lock
Handle, yang jenisnya terbagi lagi menjadi lever handle dan pull handle (biasa digunakan untuk pintu utama/pintu berukuran besar), selain itu ada juga model lever handle plate (untuk tipe ini tidak membutuhkan escutcheon). Untuk bahannya terbagi menjadi bahan stainless steel atau pelat besi chrome. Bahan/materialnya solid atau kosong (seperti pipa).

Lockcase / Mortise Lock , atau biasa disebut juga badan kunci merupakan bagian kunci pintu yang paling berperan dalam menentukan keamanan rumah. Badan kunci terpasang di tengah bagian pintu dengan cara melubangi satu sisi pintu dan berjarak antara 90-100 cm dari permukaan lantai


Cylinder
Cylinder, merupakan komponen terpenting dari kunci pintu bagian ini menentukan apakah suatu produk kunci pintu memiliki ketahanan yang bagus atau tidak. Untuk produk cylinder yang bermutu baik biasanya menggunakan material kuningan (full brass).

 Escutcheon, atau sering disebut ring kunci berfungsi untuk kerapihan kunci pintu / menutupi lubang cylinder agar terlihat rapi.
Jadi untuk satu set kunci pintu complete set kita membutuhkan semua komponen di atas. Jika anda membeli kunci pintu sebaiknya cek lagi apakah semua komponennya sudah lengkap. 

Saat ini beredar banyak produk kunci pintu di pasaran antara lain merek CISA, KEND, Dekson, Solid, Gradino, Wilka, dan banyak lagi yang lain.

Untuk harga satu set kunci pintu (complete set) berkisar antara Rp. 150.000,- sampai sekitar Rp. 2000.000,- tergantung merek produk dan mutu bahan. Kisaran harga kunci pintu memang cukup bervariasi karena banyaknya variasi bahan dan mutunya.

Semoga bermanfaat...!

Artikel Terkait Lainnya